Feb 23, 2009

TUTORIAL 14 MEMOTONG (MENGHAPUS) GARIS BERPOTONGAN (TRIM) DI AUTOCAD

Dalam Autocad tutorial kali ini kita akan membahas modifikasi pertama yaitu memotong garis yang berpotongan (TRIM). Perintah Trim ini hanya berlaku bagi garis yang berpotongan, bila garis sudah tidak berpotongan maka silakan anda hapus secara manual bila anda akan menghilangkannya.


Kenapa saya jelaskan seperti ini???. Karena seringkali dalam kelas Autocad saya, selalu muncul persepsi bahwa trim digunakan untuk menghapus objec, padahal tidak demikian adanya. Dan selalu saya tekankan untuk selalu mengingat perintah dan sering mengulang bagi para pemula yang belajar autocad. Karena kedepannya perintah akan semakin banyak dan bila anda lupa maka akan sangat menggangu perjalanan anda dalam menguasai autocad ini.


Nah untuk perintah Trim ini ada 2 jenis perintah yang bisa kita lakukan. untuk itu silakan anda ikuti pembahasannya sebagai berikut:




Buatlah garis lurus yang saling berpotongan dilayar kerja autocad anda seperti gambar di diatas.

Note: Untuk mengulang perintah yang sama dalam autocad cukup dengan menekan tombol enter / Space

Cara Pertama

Perintah trim yang kita gunakan untuk menghapus bagian garis yang berpotongan dengan menggunakan garis pembatas. Garis pembatas ini berfungsi sebagai batas pemotongan garis yang akan di hapus, caranya sebagai berikut:

Ketik: Tr - Enter atau Klik Toolbar Trim

Klik pada garis yang akan kita gunakan sebagai pembatas perpotongan seperti gambar di bawah ini:



Enter

Klik pada garis yang akan di hapus seperti gambar di bawah garis yang di hapus sebelah kanan garis pembatas.


Cara Kedua

Perintah trim yang kita gunakan untuk menghapus bagian garis yang berpotongan tanpa garis pembatas, caranya sebagai berikut:


Ketik: Tr - Enter 2x atau Klik Toolbar Trim - Enter


Klik pada garis yang akan di hapus seperti gambar di bawah garis yang di hapus sebelah kiri.

1 comment:

  1. Share yang sangat membantu bagi pemula autocad. Bagi yang ingin belajar autocad dengan cara yang lebih simpel bisa mengikuti tutorial blog saya. terima kasih

    ReplyDelete